Adobe Flash adalah salah satu produk/software dari Adobe (dahulu bernama Macromedia sebelum dibeli oleh perusahaan Adobe) yang digunakan untuk proses membuat dan mengolah animasi atau gambar yang menggunakan vektor untuk skala ukuran kecil.
• FutureSplash Animator (10 April 1996)
• Flash 1 (Desember 1996)
• Flash 1 (Desember 1996)
• Flash 2 (Juni 1997)
• Flash 3 (31 Mei 1998)
• Flash 4 (15 Juni 1999)
• Flash 5 (24 Agustus 2000) - ActionScript 1.0
• Flash MX (versi 6) (15 Maret 2002)
• Flash MX 2004 (versi 7) (9 September 2003) - ActionScript 2.0
• Flash MX Professional 2004 (versi 7) (9 September 2003)
• Flash Basic 8 (13 September 2005)
• Flash Professional 8 (13 September 2005)
• Flash CS3 Professional (sebagai versi 9,16 April 2007) - ActionScript 3.0
• Flash CS4 Professional (sebagai versi 10, 15 Oktober 2008)
• Adobe Flash CS5 Professional (as version 11, to be released in spring of 2010, codenamed “Viper)
1. Menjalankan Adobe Flash CS6
Create from template digunakan untuk membuka template-template yang sudah disediakan di Adobe Flash CS6.
Create New digunakan untuk membuat atau membuka file dokumen baru .
Learn pada bagian ini akan di jelaskan dasar-dasar penggunaan yang ada di Adobe Flash, pengguna nanti akan diarahkan ke Situs Web Adobe.com ketika memilih.
Open a Recent Item digunakan untuk membuka file dokumen yang baru saja dibuat dan disimpan.
Open digunakan untuk membuka file yang tersimpan di direktori folder pada komputer kalian.
Don't show again ketika di centang maka akan berfungsi untuk menyembunyikan tampilan awal Adobe Flash.
2. Membuka atau membuat file dokumen baru
a) Pada bagian Create New kalian dapat memilih jenis versi Action Script (Contoh Action Script 3.0).
b) Pada bagian menu pilih File lalu New pada Tab General pilih jenis versi Action Script.
3. Mengenal penggunaan tools di Adobe Flash CS6
Tab Dokumen menunjukan tabulasi dari suatu dokumen atau stage yang sedang dibuat.
Menu bar suatu barisan menu yang berfungsi untuk melakukan perintah yang di tampilkan menggunakan text.
Workspace digunakan untuk mengatur layout atau tampilan area kerja di Adobe Flash CS6.
Stage menunjukan suatu tempat dibuat atau diolahnya keseluruhan obyek yang ada di Adobe Flash CS6.
Scale View berfungsi untuk mengatur skala atau ukuran pada Stage.
Timeline pada bagian ini digunakan untuk memanage( mengatur dan mengontrol) isi yang ada di file dokumen dalam layar dan frame.
Motion editor merupakan kelanjutan dari timeline yang juga digunakan untuk mengontrol animasi.
Panel Properties pada panel ini kalian dapat mengatur suatu Stage,Obyek, dan Frame yang kalian pilih. disini juga terdapat Publish Setting yang dapat kalian pilih untuk menentukan hasil dari program yang telah kalian buat di Adobe Flash CS6.
0 komentar:
Posting Komentar