Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar atau objek yang dimaksud dalam definisi di atas bisa berupa gambar manusia, hewan, maupun tulisan.
Animasi dikategorikan menjadi :
1. Stop-motion Animation.
Bisa disebut juga dengan claymation karena jenis animasi ini sering menggunakan clay (tanah liat) sebagai objeknya. Animasi ini dihasilkan dari pengambilan gambar berupa boneka atau yang lainnya, yang digerakkan secara bertahap. Dalam pengerjaannya, teknik ini memiliki tingkat kesulitan dan memerlukan kesabaran yang tinggi. Salah satu contoh stop-motion animation adalah Chicken Run karya Nick Parks.
2. Traditional Animation.
Dinamakan tradisional karena teknik animasi inilah yang digunakan pada saat animasi pertama kali dikembangkan. Sering disebut juga dengan cell animation karena pengerjaannya dilakukan pada celluloid transparent yang sekilas mirip dengan transparansi OHP. Pada pembuatan animasi tradisional, setiap gerakan dari objek digambar satu persatu di atas cell.
3. Computer Animation.
Secara keseluruhan animasi ini dikerjakan dengan bantuan komputer, mulai dari pembuatan karakter, pengaturan gerakan objek dan kamera, pemberian suara, dan special effect. Dengan animasi komputer, hal-hal yang awalnya tidak mungkin digambarkan menjadi mungkin dan lebih mudah. Namun, animasi yang dihasilkan tergantung keahlian yang dimiliki dan software yang digunakan.
Animasi juga dapat berbentuk Teknologi 2 dimensi.
Teknik berbasis animasi 2D ini adalah teknologi yang canggih akan tetapi teknologi ini memiliki saingan yaitu teknik animasi dengan basis 3D. Teknologi 2 dimensi yaitu salah satu teknologi grafis, game dengan kualitas gambar 2D tidak begitu enak dilihat apabila dibandingkan dengan game 3D sehingga rata-rata game online sekarang mengadopsi teknologi 2,5D yaitu dimana karakter yang dimainkan masih berupa 2D akan tetapi lingkungannya sudah mengadopsi 3D. Game 2D dapat diketahui berdasarkan ruangnya yang hanya memiliki dua sisi (X dan Y). Sedangkan untuk gambarnya sendiri dapat menggunakan Vektor dan Bitmap. Untuk membuat animasi bergerak (berjalan, melompat, berlari, dll) kita harus membuat gambar satu-persatu yang disebut dengan frame.
Dengan demikian disebut Animasi 2 dimensi karena :
Animasi 2D (2 Dimensi), Animasi jenis ini juga biasa disebut dengan film kartun.
Kartun sendiri berasal dari kataCartoon, yang artinya gambar yang lucu. Contohnya misalnya: Looney Tunes, Tom andJerry, Scooby Doo, Doraemon, dan lainnya.
12 PRINSIP ANIMASI
1. Squash and Strech (Pengkerutan dan peregangan .)
2. Appeal (Daya Tarik)
3. Solid Drawing
4. Slow In / Slow Out
5. Exaggeration : yaitu melebih-lebihkan
6. Timing
7. Anticipation (Persiapan, Ancang-Ancang)
8. Staging
9. Arcs
10. Straight a Head and Pose to Pose Action
11. Overlapping and Follow Through Action
12. Secondary Action
0 komentar:
Posting Komentar